Facebook Fans

Rabu, 14 Desember 2011

peristiwa asyura

PERISTIWA ASYURA

10 Muharram 1433 H, dikenal dalam islam sebagai asyura(hari sepuluh). Pada hari itu, diriwayatkan banyak Nabi dan Rasul diselamatkan oleh Allah dari bahaya yang menimpa mereka.

Sebut saja Nabi Musa, di beri pertolongan dan diselamatkan dari pasukan Fir`aun menyeberangi laut merah. Asyura juga momen bagi muslimin khususnya sunni yang mempercayai beberapa peristiwa penting terjadi pada 10 Muharram. Di antara peristiwa itu, bebasnya Nabi Nuh dan umat beliau dari banjir besar ; Nabi Ibrahim selamat dari apinya Namrud ; kesembuhan Nabi Ya`kub dari kebutaan ; Nabi Isa di angkat ke surga setelah usaha Roma untuk menangkap dan menyalib beliau.

Bagi syi`ah dan sebagian sufi, asyura momen berkabung atas wafatnya Husain Bin Ali, ia terbunuh dalam pertempuran di karbala, Irak pada 61 H/680 M. pertempuran terjadi antara Bani Hasyim di pimpin oleh Husain Bin Ali melawan Bani Umayah di pimpin oleh Ibnu Ziyad.

Sebelum islam asyura menjadi peringatan, diantaranya; beberapa orang Mekkah biasanya melakukan puasa. Ketika Nabi Muhammad hijrah ke madinah, mengetahui orang Yahudi di daerah tersebut berpuasa, beliau menyatakan orang islam dapat berpuasa pada hari itu. Lain lagi dengan suku Banjar, asyura diekspresikan sebagai hari kebersamaan yang diwujudkan membuat bubur asyura; terbuat dari beras dan campurannya 41 macam bahan dari rempah-rempah, sayur mayur, umbi-umbian dan kacang-kacangan.

Berdasarkan nash, puasa yang disunahkan dalam islam antara lain enam hari pada Syawal, hari Arafah (9 dzulhijjah) bagi yang tidak sedang menunaikan ibadah haji, hari Asyura(satu hari sebelum dan sesudahnya), puasa hari-hari bidh(putih), senin dan kamis.

Puasa sunnat merupakan ibadah, dapat digunakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Rabb(Tuhan-Nya), karena membiasakan diri berpuasa setelah Ramadhan merupakan tanda diterimanya amal perbuatan seseorang. Allah jika menerima amal seseorang, dia akan memberikan petunjuk kepadanya untuk mengerjakan amal saleh setelahnya. Puasa sunnat merupakan janji seorang muslim kepada Tuhannya, bahwa muslim ketaatan itu akan terus berlangsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More