Facebook Fans

Rabu, 14 Desember 2011

TAHUN BARU HIJRIAH

TAHUN BARU HIJRIAH

Tahun baru hijriah sudah kita lewati pada hari ahad, 27 november 2011 tadi. Momenrunm penting bagi umat islam. Hari itu awal penanggalan tahun hijriah, 1 muharram 1433. Kenapa dikatakan tahun hijriah? Sebab, penetapan oleh khalifah Umar Bin Khattab, kata itu berdasarkan peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Yastrib (madinah).

Peristiwa tersebut dipandang penting karena hijrah bermakna perpindahan Nabi Muhammad bersama sebagian pengikut beliau dari Makkah ke Madinah untuk menyelamatkan diri dari tekanan kaum kafir Quraisy.

Hijrah juga bermakna pindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari satu tempat ke tempat lainnya yang lebih baik dengan alas an tertentu. Dengan demikian tahun hijriah, penanggalan dalam islam itu berhubungan dengan hijrah atau berkenaan tarikh islam yang dimulai dari ketika Nabi bersama sebagian pengikutnya berhijrah ke Madinah.

Pergantian tahun 1432 ke 1433, jadi wahana penmantapan pemahaman ajaran islam bagi pemeluknya. Mengambil semangat hijrah yang dilakukan Nabi, sudah sepantasnya bangkit semangat perubahan, baik sikap dan perilaku kea rah yang lebih baik lagi. Peristiwa hijrah sebagai tonggak awal tarikh islam, Hijrah secara fisik itu menjadi pusaka para Rasul sebelum Nabi terbukti menjadi babak pendahuluan bagi kebangkitan perjuangan beliau. Secara nonfisik, hijrah juga dimaknai berpindah, meninggalkan dan menjauhi diri dari dosa. Semangat demikian ingin diaktualisasikan oleh muslimin dari berbagai aspek kehidupan, termasuk mengingat betapa berat perjuangan hidup Rsaulullah pada zamannya.

Kalau begitu sudah selayaknya pula, momentum pergantian tahun ini dijadikan wahana untuk mengevaluasi berbagai tindakan selama setahun berjalan, tidak sekedar peringatan apalagi seremonial saja sesuai dengan makna hijrah secara harfiah, ingin melakukan perubahan dalam semua aspek kehidupan.

Proses penetapan penggalan dalam islam itu, semula banyak usul yang disampaikan kepada Umar Bin Khattab, misalnya ada yang menyarankan saat nabi menjadi Rasul, ada yang mengusulkan dari lahirnya rasulullah, dan ada pula yang berpendapat dari kewafatan beliau. Yang lain menyarankan, penetapan awal penganggalan tahun baru hijrah itu, momentum hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah. Periustiwa itu di anggap penting karena hijrah merupakan titik balik dakwah, setelah 13 tzhun mengemban misi dakwah islam di Makkah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More