Facebook Fans

Rabu, 04 Januari 2012

MAHJURA

MAHJURA

Al-Qur`an menginformasikan nanti pada hari kiyamat, Rasulullah SAW akan mengadukan umatnya kepada Aallah SWt; Ya Rabbi, inna qaumit-takhazu hadzal-qur`ana mahjura artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Alquran ini mahjura”. (QS. Al-Furqan: 30).

Mahjura berasal dari akar kata hajara-yahjuru-hajran/hijran, artinya meninggalkan. Isim maf`ul kata penunjuk objeknya) menjadi mahjur, sehingga mahjura berarti yang ditinggalkan atau tak terpakai, tak digunakan lagi (kamus Al-Munawwir, hal 1590-1591). Tim penerjemah RI menterjemahkan mahjura; diabaikan.

Menurut ibnu Katsir, maksud darai kaumkua bdalam ayat ini orang-orang musyrik yang tidak mau mendengarkan dan memperhatikan Alquran yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW: Orang kafir itu berkata: “janganlah kamu mendengarkan ASlquran ini dan buatlah kegaduhan terhadapnya, supatya kamu dapat mengalahkan mereka” (QS.Fushilat: 26).

Mengutip pendapat ibnu Qayyim, ia menulis bahwa banyak hal yang dicakup oleh kata mahjura, antara lain: tidak tekun mendengarkan bila Alquran dibacakan; tidak mengindahkan halal dan haramnya; tidak menjadikannya rujukan dalam menerapkan hukum menyangkut ushuluddin dan perinciannya; tidak berupaya memikirkan dan memahami apa yang dikehendaki oleh allah yang menurunkannya; tidak menjadikannya sebagai obat bagi semua openyakit kejiwaan.

Jika demikian bisa jadi aku dan anda (kita) akan termasuk menjadi orang-orang yang diadukan oleh baginda rasul kepada Allah karena pada kenyataan kita hanya mengagumi alquran sebagai bacaan indah yang dilantunkan; kita tidak berupaya memahaminya, tidak mengamalkannya secara utuh, tidak menjadikannya sebagai sumber hukum dalam kehidupan.

Jika demikian, pada gilirannya kita dicerca lagi oleh ayat surah Muhammad: afala yatadabbarunal-qur`ana am`ala qulubin aqfalaluha. Artinya “apakah mereka tidak memikirkan Alquran, ataukah hati mereka terkunci.”

*Sudah sepantasnya kita berurai air mata*

Dikutip dari B.post edisi 23 september 2011

Karya KH. HUSIN NAFARIN L.c MA

2 komentar:

mohon dicek atau direvisi terutama tulisan2 yg cukup membuat tidak nyaman. Allah tertulis Aallah. Al-qur'an tertulis AS1quran

mohon dicek atau direvisi terutama tulisan2 yg cukup membuat tidak nyaman. Allah tertulis Aallah. Al-qur'an tertulis AS1quran

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More